Artikel Lain Mengapa Banyak Pemain Serpul Bangkrut

Bisnis Server Pulsa

Mengapa Banyak Pemain Serpul Bangkrut

Bisnis pulsa hampir mirip dengan bisnis sembako. Sudah merupakan barang kebutuhan pokok. Bedanya orang yang tidak punya sembako harus puasa dari makan, sedangkan orang yang tidak punya pulsa harus puasa bicara via hp. Oleh karena itu bisnis pulsa akan terus hidup sepanjang manusia terus berkomunikasi satu sama lain

Memang benar bisnis pulsa akan terus hidup dan tumbuh, namun pelaku bisnisnya sendiri tidaklah demikian. Pemain atau pelaku bisnis pulsa terus datang silih berganti, ada yang mati dan ada yang baru memulai.

Mengapa pemain bisnis pulsa tidak banyak yang awet hingga hitungan tahun atau puluhan tahun? Banyak sekali faktor yang jadi penyebabnya.

Biasanya atau sebagian besar mereka yang terjun di bisnis pulsa dengan modal yang relatif kecil walaupun ada juga yang langsung memulai dengan modal besar. Memulai sebuah bisnis dengan modal kecil bukanlah sebuah kesalahan, atau sebaliknya memulai sebuah usaha dengan modal besar juga bukan sebuah keharusan.

Besar kecil modal tidak lagi menjadi faktor penentu keberlangsungan sebuah bisnis. Justru yang terpenting adalah tingkat keuletan, daya juang, kreatifitas, dan fokus adalah modal paling dasar jika ingin terus eksis.

Sebelum terjun di bisnis pulsa alangkah baiknya adan tentukan dulu apa tujuan dan fokus anda dengan bisnis pulsa tersebut. Apakah anda hanya akan jadi retailer / penjual langsung ke konsumen atau anda hanya fokus pada perkembangan jaringan. Atau justru menggabungkan keduanya?

Kios pulsa sendiri ketika awal berdiri pada Januari 2007 telah mengambil sikap hanya fokus di jaringan dan mengabaikan jadi penjual langsung ke end user. Dengan demikian langkah ke depan yang dilakukan akan jadi semakin terarah dan tidak bias.

Jika bicara jaringan itu artinya sudah bicara sekumpulan prospek yang harus dikelola dengan baik. Itu juga berarti harus merubah pola pikir kita dari tingkat lokal ke tingkat yang lebih luas lagi yaitu ranah global. Lalu bagaimana menjangkau prospek secara global? Bisa dibantu dengan internet. Anda harus bisa memanfaatkan internet untuk mengembangkan jaringan anda. Jika hanya skup lokal target anda akan cepat jenuh.

Berdasarkan pengetahuan saya selama ini, mereka yang fokus di jaringan pada bisnis pulsa banyak yang gagal karena kehabisan stok downline. Targetnya paling cuma, saudara, teman kantor, tetangga dan kenalan. Setelah itu bingung mau cari siapa lagi buat dijadikan downline. Beda jika anda coba menggunakan dunia maya, targat marketnya / prospek bisa sangat banyak dan tak terbatas. Bisa siapa saja dan dari mana saja. Bahkan lebih banyak ketemu dengan orang yang belum pernah di kenal sebelumnya.

Jika anda punya jaringan, kerja anda akan semakin ringan dan anda bisa menghasilkan pasif income yang terus berkembang sepanjang waktu. Cobalah anda belajar bagaimana memaanfaatkan internet untuk mengembangkan jaringan anda. Salah satunya bisa anda pelajari di atmpulsa.com. Dengan memiliki jaringan yang banyak hidup bisnis anda akan mudah di kembangkan, misalnya anda kemudian berniat untuk memiliki server pulsa sendiri.

Lalu bagaimana bagi anda yang hanya fokus pada penjualan saja? Apakah bisa sukses juga? Oh, sudah tentu bisa. Tidak ada yang bisa menghalangi kesuksesan anda sebagai seorang penjual pulsa. Untuk hal tersebut anda harus tahan banting, jangan mudah menyerah. Jangan hanya mengharapkan bisnis anda jalan lancar-lancar saja.

Apalagi bisnis pulsa secara elektrik. Banyak pihak yang dilibatkan dalam sebuah transaksi isi pulsa, mulai operator pulsa, server pulsa, koneksi internet, suplier dan provider lain. Jangan patah arang jika trx yang anda lakukan tiba-tiba gagal. Trx gagal pasti ada solusinya.

Jika anda belum memiliki modal yang kuat, saran saya lebih baik gunakan layanan one chip all operator. Tapi anda juga harus pandai memilih mana server pulsa yang bisa diandalkan dan terpercaya. Jangan salah pilih server pulsa karena ini akan sangat berhubungan dengan hidup dan matinya bisnis pulsa anda di kemudian hari.

Dan jika sudah terkumpul dana yang lumayan, anda bisa coba beli chip ke dealer. satu chip hanya untuk melayanani satu operator saja. Butuh modal besar tapi trx lebih aman. Sisihkan laba untuk membeli konter. Ini penting. Jika anda hanya mengandalkan penjualan secara mobil saja hasilnya sangat minim. Sementara waktu bolehlah, tapi jangan keterusan. Lama-lama anda akan berhenti sendiri jadi penjual pulsa.

Jika fokus anda di bisnis pulsa ini sudah lumayan maju, anda bisa gabungkan keduanya. Hasilnya akan sangat memuaskan.

Server Pulsa Bangkrut

Apa penyebab server pulsa gulung tikar atau bangkrut?

Sebenarnya banyak sekali faktor apa saja yang menyebabkan para pemain server pulsa (serpul) kolaps atau bangkrut. Berikut diantaranya :

1. Salah memilih aplikasi server.

Sebelum terjun ke bisnis server pulsa, kenali dulu siapa partner pengembang aplikasi anda. Ini sangat crusial di kemudian hari. Cari penjual / developer aplikasi yang benar-benar sudah mapan dan bangkotan (berumur).

Mapan dalam arti bahwa pengembang memang ahli di bidang tersebut. Cari yang sudah berbadan hukum (PT) atau minimal CV. Dan sangat tidak di rekomendasikan menggandeng developer perorangan. Jika opsi terakhir yang diambil, sebenarnya server Anda dalam bahaya laten.

Saya punya pengalaman yang sangat buruk dengan pengembang perorangan. Memang dari segi harga lebih murah. Resources yang dibutuhkan minimal, aplikasi simple dan ringan (menurut yang jual). Tapi hasilnya ruar biasa kacau. Support yang senen-kemis (maksudnya kadang di respon kadang tidak). Jika ada masalah tidak bisa saat itu juga selesai.

Akibat dari kesalahan ini sangat melelahkan. Trx kacau, system morat-marit, komplain bejibun. Kerja tiap hari bukan mencari keuntungan, tapi menambal kekacauan yang sudah terjadi. Kosentrasi tidak lagi bagaimana supaya usaha maju, tapi bagaimana supaya hari ini tidak error. Dan nyatanya error terus berkali-kali. Hati-hati ya, saya lihat pengembang ini masih tetap menjual program dan aplikasinya di internet walaupun harganya sudah diturunkan.

Selama tiga bulan menggunakan aplikasi tersebut, kondisi pembukuan tambah amburadul. Di hitung-hitung bukan untung tapi malah buntung kuadrat. Bulan keempat akhirnya nyerah, nekat buang itu aplikasi dan mengembalikan ke pengembang tapi mereka tidak mau. Ya sudah jadi barang rongsokan saja server dan aplikasinya tersebut. Di jual pun harganya terjun bebas.

Cara yang paling aman adalah cari pengembang aplikasi dengan badan hukum perseroan (PT) dan umur perusahaan lebih dari 3 tahun. in syaa Allah server anda bisa berjalan lebih nyaman.

2. Tidak ada pemisahan keuangan

Hal ini kelihatannya sepele saja bagi para pemain serpul. Uang masuk dari agen-agen ya buat order deposit juga, sekaligus juga buat keperluan belanja keluarga. Tidak jelas mana modal yang harus diputar dan mana laba sesungguhnya.

Jika anda masih pakai cara ini, segera sudahi saja kalau tidak anda akan hancur dan menanggung beban kewajiban kepada agen-agen yang semakin besar. Pisahkan, pisahkan, pisahkan (sampai 3x nih hehehe berarti gawat ya...) pisahkan sekarang juga mana modal dan mana yang sudah jadi keuntungan.

Jangan sekali-kali menggunakan dana agen untuk keperluan di luar deposit meskipun itu untuk modal usaha lain. Hanya gunakan laba / untung yang sudah di verifikasi sebagai profit untuk keperluan rumah tangga. Kalau profit sedikit, sesuaikan saja kebutuhan keluarga dengan profit tersebut. Misal ada untung bersih 100rb, maka 100rb itulah yang hanya boleh anda pakai meskipun ada kebutuhan mendesak lainnya. Tahan dan jangan pakai dana deposit agen.

3. Tidak ada pembukuan yang jelas

Ini masih ada kaitannya dengan point no 2 diatas. Bagaimana mungkin kita bisa menganalisa apakah sebuah usaha mengalami untung atau rugi jika tidak ada data pembanding sebagai alat ukurnya.

Mulai sekarang, catat semua mutasi keluar masuk uang. Bukukan dengan detil pos-pos apa saja yang profit dan yang keluar. Usahakan agar laba bisa diketahui secara harian dengan benar dan valid.

4. Tidak mengetahui aplikasi dan system

Ini khususnya buat para pemain serpul yang memiliki karyawan. Sebagai seorang owner anda juga punya keharusan untuk setidaknya mengetahui software yang digunakan. Syukur-syukur lebih hebat dari karyawannya.

Untuk apa? Tujuannya adalah agar pada saat terjadi disaster atau kegagalan system anda sudah siap dengan keputusan cepat yang harus diambil. Jika salah ambil kesimpulan bisa berbahaya. Misal ada masalah krusial dianggapnya biasa saja karena kurang faham. Padahal jika anda tahu persis duduk persoalannya sangat mudah mengambil tindakan.

Tujuan yang lain adalah sebagai recovery operator. Ya, boleh jadi karyawan anda berhalangan masuk kantor. Mungkin ada yang menjawab, kan ada karyawan yang lain? Memang benar demikian. Tapi bagaimana jika ternyata kapasitas karyawan pengganti lumayan payah karena kurangnya pembagian tugas yang jelas dari anda?

Belum lagi misal, karyawan secara serempak tidak masuk kantor. Misal karyawan pertama sakit, yang kedua ada halangan lain. Atau misal terjadi penurunan omzet usaha sehingga anda harus melakukan perampingan pegawai. Tentu dalam kondisi seperti ini sangat riskan jika anda selaku owner buta sama sekali dengan system yang dipakai. Kan aneh bukan?

5. Gagal dalam mendelegasikan tugas

Banyak para owner tidak menguasai ilmu management SDM. Atau SDM dijalankan secara kekeluargaan tanpa SOP yang jelas. Ini jelas beresiko. Karena boleh jadi suatu saat karyawan yang anda percaya justru minta resign dari anda.

Lalu anda bagaimana? Anda juga tidak faham. Karyawan lain apalagi. Oleh karena itu sebaiknya dibuatkan job desk yang jelas apa dan bagaimana tanggung jawab masing-masing bagian. Sehingga jika terjadi kekosongan orang, bisa di isi dengan personil lain karena jobnya dan alur kerjanya sudah dibuat standart.

6. Salah dalam menentukan harga jual produk

Ini juga perlu diperhatikan. Anda harus membandingkan berapa harga jual produk di server anda dengan pasar secara umum. Jangan terjebak dengan slogan harga murah, karena boleh jadi ini akan jadi bumerang bagi anda.

Bagaimana anda akan membiayai usaha yang sedang berjalan jika laba yang diperoleh sangat sedikit. Ujung-ujungnya nanti akan memakan dana deposit agen. wah bahaya banget kalau begini.

Juga jangan memberikan harga jual yang terlalau mahal agar banyak untung. Jika tidak selektif anda bisa ditinggalkan oleh agen-agen anda. Ini juga tidak baik. Gunakan cara moderat jangan terlalu mahal tapi anda masih ada untung walau sedikit.

7. Kurang Adaptasi Dengan Regulasi Operator

Banyak pemilik server adalah para pemain secara online. Dengan demikian sebagaian besar dari pada agen / retailer berasal dari luar kota atau bahkan luar pulau.

Untuk kios pulsa sendiri pun porsinya demikian. Hampir 80% agen / retailer adalah berasal dari luar kota dan tersebar hampir di seluruh provinsi yang ada di Indonesia.

Sejak penerapan zona wilayah oleh beberapa operator besar atau sering dikenal dengan clusterisasi, maka sebaran agen yang demikian ternyata sangat tidak menguntungkan.

Mengapa demikian?

Sebelum jaman hard cluster di terapkan servpul bisa bebas menjual stok ke seluruh wilayah Indonesia. Walaupun pada saat itu ada pembatasan namun tidak seketat pada saat ini.

Nah, sejak regulasi cluster dari operator hingga tingkat kecamatan, hal ini tentunya sangat menyulitkan server pulsa. Stok di tempat server pulsa berdomisili tidak bisa lagi di jual ke agen di luar cluster / kecamatan.

Kondisi ini lambat laun menjadi bom waktu bagi server pulsa. Karena kesulitan stok produk sehingga transaksi sering pending dan terganggu. Hal ini pasti berdampak buruk bagi konsumen yang datang membeli pulsa ke agen.

Kelangkaan stok ini hampir setiap hari dirasakan oleh pemain serpul. Beberapa diantaranya mensyiasati dengan membeli stok nasional ke beberapa penyalur yang punya akses ke dealer. Namun itupun harus ditebus dengan harga yang cukup mahal.

Harga di tingkat server saja sudah mahal, apalagi bagi agen-agennya akan semakin kesulitan karena kalah bersaing dengan pemain lokal. Ini jadi semacam kanker yang kronis dan laten.

Agen-agen di luar cluster komplain dan minta balik deposit, imbasnya transaksi menurun drastis. Margin untung bagi server semakin tipis, di tambah dengan transaksi yang juga ikut susut menjadikan serpul goyah.

Prospek Bisnis Pulsa 2016

Lalu bagaimana dengan prosepek bisnis pulsa di tahun 2016 ini apakah masing menguntungkan?

Ya! MASIH (dijawab dengan sangat mantab).

Server pulsa yang masih bertahan hingga tahun 2016 ini adalah mereka yang masih tetap survive dalam melewati badai pada tahun-tahun sebelumnya.

Untuk saat ini server pulsa tidak menggantungkan produk utamanya hanya pada pulsa elektrik. Dulu mungkin iya, tapi sekarang tidak lagi.

Server pulsa sudah semakin cerdas, terus berinovasi dalam pengembangan aplikasi yang semakin canggih. Saat ini hampir semua server pulsa sudah bisa melayani berbagai macam jenis transaksi non pulsa. Sehingga kebijakan apapun dari operator seluler tidak akan bisa memukul telak pemain serpul.

Jika harga pulsa dari operator - dealer - subdealer mahal, server pulsa tidak lagi bingung. Cukup tinggal sesuai kan harga. Harga dasar naik, maka harga jual juga akan naik. Pilihan ada ditangan konsumen mereka mau beli silahkan, atau pindah ke operator yang menawarkan harga pulsa lebih murah. Beres.

Pulsa bagi server pulsa hanya sebagai salah satu produk pelengkap saja bukan produk utama. Untuk saat ini server pulsa lebih fokus pada pengembangan bisnis PPOB.

Dan ternyata bisnis pembayaran ini sangat diminat oleh masayarakat luas. Mereka yang join jadi member kios pulsa justru tertarik dengan bisnis PPOB ini dari pada bisnis pulsanya. Ini sebuah pilihan.

Jika anda ingin lebih detil mengenai bisnis PPOB ini silahkan klik link berikut

Yang mau menambahkan atau menyanggah silahkan kirim komentar di bawah. Terima kasih sudah bersedia untuk membaca artikel ini.

Bisnis Server Pulsa

Telah dibaca pengunjung 19641 kali
Id: 26 | Posted by : admin | Date : 31-12-10 | 21:55:03

Join Kios Pulsa

Artikel Terkait :


Bisnis Tiket Pesawat Cara mudah menjadi agen tiket pesawat online
Dapatkan income puluhan juta per bulan dalam bisnis tiket pesawat dengan cara yang paling mudah tanpa perlu modal yang besar.

Disclaimer:
Artikel pada halaman ini hanyalah untuk keperluan informasi semata. Tidak untuk tujuan lain. Kios pulsa tidak bertanggung jawab atas segala efek yang di timbulkan akibat pemanfaatan informasi yang ada di halaman ini.


Bisnis Server Pulsa Mengapa Banyak Pemain Serpul Bangkrut