Artikel Lain Sejarah Berdirinya Telkomsel

Selintas Pandang Telkomsel

Sejarah Berdirinya Telkomsel

Telkomsel atau PT.Telkomsel merupakan salah satu operator telekomunikasi seluler GSM di Indonesia, dengan layanan pascabayar yang dipublish pertama kali pada tanggal 26 Mei 1995. Saat itu kepemilikan sahamnya hanya dimiliki oleh dua badan usahayaitu PT Telkom sebesar 51% dan PT Indosat sisanya 49%. Pada tanggal 1 November 1997 Telkomsel menjadi operator seluler pertama di Asia yang menawarkan layanan prabayar. Telkomsel mengklaim sebagai operator telekomunikasi seluler terbesar di Indonesia hingga saat ini dengan pengusaan pangsa pasar sekitar 50%.

Telkomsel memiliki tiga produk GSM, yaitu SimPATI (prabayar), KartuAS (prabayar), serta KartuHALO (pascabayar). Selain itu produk lainnya adalah Telkomsel Flash. Telkomsel bekerja pada jaringan 900/1800 MHz. Di pasar internasional, jaringan Telkomsel telah mencakup 288 jaringan roaming internasional di 155 negara pada akhir tahun 2007.

Struktur dan kepemilikan

Saat ini saham Telkomsel dimiliki oleh TELKOM (65%) dan perusahaan telekomunikasi Singapura SingTel (35%). TELKOM merupakan BUMN Indonesia yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Republik Indonesia, sedang SingTel merupakan perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Singapura.

Grapari

Grapari merupakan kependekan dari Graha Pari Sraya adalah nama sebuah kantor pelayanan konsumen milik Telkomsel. Nama Graha Pari Sraya atau yang disingkat GraPARI berasal dari Bahasa Sansekerta yang diberikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X untuk nama kantor pelayanan Telkomsel sebagai tanda penghargaan atas diresmikannya kantor pelayanan Telkomsel di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sejak itulah seluruh kantor pelayanan Telkomsel ditetapkan dengan nama GraPARI Telkomsel atau Graha Pari Sraya Telkomsel.

Selain sebagai kantor pelayanan yang memfokuskan diri untuk melayani pelanggannya, GraPARI juga menyediakan penjualan produk sendiri seperti kartuHALO dan simPATI Nusantara.

GraPARI tidak menjual perangkat telepon selular kecuali jika ada kebijaksanaan tertentu untuk menjual dalam bentuk paket produk Telkomsel, hal inipun tidak selalu dilakukan. Sehingga jika ada pelanggan yang ingin membeli perangkat telepon selular terpisah dari produk Telkomsel maka GraPARI akan menyarankan untuk mendapatkannya pada dealer resmi, outlet eksklusif, maupun ritel yang telah bekerjasama dengan Telkomsel.

Layanan 3G/3.5G
Telkomsel menyediakan layanan 3G, yang memungkinkan pengguna men-download video serta menjelajahi internet dengan kecepatan tinggi. Telkomsel adalah operator pertama yang menyediakan layanan seperti ini.

TelkomFlash
TELKOMSELFlash adalah layanan 3.5G berteknologi HSDPA dengan kecepatan maksimal hingga 3,6 Mbps. Saat ini jaringan 3G Telkomsel tersedia untuk 80 kota, 3.5G di 20 kota, dan GPRS/EDGE di seluruh pelosok Indonesia.

HSPA+
Telkomsel mulai September 2009 menambah layanan HSPA+ (High-Speed Packet Access) dengan kecepatan akses hingga 21mbps, sampai dengan akhir 2010 direncanakan digelar layanan di 24 kota di Indonesia.

Selintas Pandang Telkomsel

Telah dibaca pengunjung 9801 kali
Id: 13 | Posted by : admin | Date : 02-12-10 | 10:52:51

Join Kios Pulsa

Artikel Terkait :


Bisnis Server Pulsa Mengapa Banyak Pemain Serpul Bangkrut
Bisnis pulsa hampir mirip dengan bisnis sembako. Sudah merupakan barang kebutuhan pokok. Bedanya orang yang tidak punya sembako harus puasa dari makan, sedangkan orang yang tidak punya pulsa harus puasa bicara via hp. Oleh karena itu bisnis pulsa akan terus hidup sepanjang manusia terus berkomunikasi satu sama lain

Disclaimer:
Artikel pada halaman ini hanyalah untuk keperluan informasi semata. Tidak untuk tujuan lain. Kios pulsa tidak bertanggung jawab atas segala efek yang di timbulkan akibat pemanfaatan informasi yang ada di halaman ini.


Selintas Pandang Telkomsel Sejarah Berdirinya Telkomsel